Cara Setting IP Statik di Raspberry

Kali ini kita akan membahas secuil tutorial tentang Raspberry Pi. Dimana Raspberry Pi ini bisa diibaratkan komputer mini yang kecil walaupun dengan spek minimum tapi tetap sangat bermanfaat bisa untuk sharing printer atau bikin web server sederhana.
Seperti yang dipraktekan penulis menggunakan Raspberry Pi 3 (seharga 500 sampe 600 ribuan) yang sudah dilengkapi dengan wifi dengan diberi kipas bisa tahan menyela untuk dijadikan webserver walaupun untuk jaringan lokal saja.

Ok kali ini kita akan coba hal yang paling dasar tapi urgen, praktek bagaimana cara setting IP statik di raspberry pi.

Langkah awal adalah praktek bagaimana cara cek ip Anda jika sudah terhubung dengan jaringan. Berbeda dengan Windows yang lebih user frendly dengan tampilannya. Raspberry pi masih menggunakan terminal sehingga kita lebih banyak menggunakan perintah-perintah text.

Langsung saja buka terminal (semacam cmd pada windows), kemudian ketikan ifconfig (sama dengan perintah ipconfig pada windows saat menjalankan cmd hanya huruf "p" diganti dengan "f"). Tekan enter maka akan muncul informasi ip dari jaringan kabel (etho0) atau jaringan wifi (biasanya wlan0).

Tapi permasalahanya ip itu masih belum statis, jadi setiap kali komputer terputus dari jaringan atau restart ada kemungkinan berubah. Lalu bagaimana cara membuatnya menjadi Statis??

Caranya Anda harus merubah konfigurasi pada network interfaces pada Raspberry Pi.

Ketikan pada terminal: nano /etc/network/interfaces

Perintah di atas memanggil editor untuk merubah konfigurasi pada Raspberry Pi. Atau jika Anda sudah lebih mahir bisa menggunakan text editor berbasis GUI untuk merubahnya langsung.

Kemudian muncul tampilan konfigurasi yang bisa Anda rubah secara manual.

address [IP yang Anda Tentukan]
netmask [Biasanya 255.255.255.0]
network [Jaringan IP Anda - diakhiri 0]
broadcast [Batasan IP Anda - diakhiri 255]
gateway [Biasanya IP Modem/ Router Anda sebagai Gateway]

Sesuaikan dengan konfigurasi Anda atau bisa ikuti di bawah ini jika Anda menggunakan Speedy/ Indihome yang default gatewaynya 192.168.1.1 dan misal Anda menggunakan 10 sebagai IP Statis.

address 192.168.1.10
network 192.168.1.0
netmask 255.255.255.0
broadcast 192.168.1.255
gateway 192.168.1.1

Kemudian Simpan dengan cara tekan Ctrl+x dan tekan Y.

Restart Raspberry Pi dengan cara perintah Reboot.

Selesai. IP Anda sudah menjadi statis sekarang :)

Komentar

Postingan Populer